Sejak blog, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi sangat populer, banyak perusahaan telah beralih menggunakan alat tersebut. Mereka mulai menjajakan produk mereka ke pengguna disana, tetapi tidak banyak yang sukses.
Ada banyak alasan mengapa hal itu terjadi.Berikut adalah kesalahan yang paling umum mengapa pebisnis gagal promosi atau berjualan di jejaring sosial.
Ada banyak alasan mengapa hal itu terjadi.Berikut adalah kesalahan yang paling umum mengapa pebisnis gagal promosi atau berjualan di jejaring sosial.
1. Tidak Memahami bagian "Sosial"
Sosial adalah bagian paling penting dari media sosial. Artinya ada hubungan dengan banyak orang. Orang berkomunikasi satu sama lain, berbagi cerita, saran, pendapat, tips, trik, tutorial dan lain. Jadi bila anda adalah orang yang memiliki satu akun dari antara jejaring sosial tersebut tapi tidak melakukan interaksi dengan orang lain, tidak ikut diskusi dalam sebuah kelompok. Maka yakinlah tidak ada yang akan mengenal anda, jadi mereka pun tidak akan mau mendengar apa yang anda katakan tentang dri anda dan produk anda. Selan itu jangan katakan anda adalah orang yang tahu tentang "Social Networking"
2. Hanya Bicara Produk Anda
Poin kedua ini berhubungan dengan yang pertama. Kata "sosial" sangat penting. Sebagian besar perusahaan gagal dalam hal ini. Ketika pebisnis mulai menjajal media sosial, mereka tidak melihat sekitar , mereka menjadi egois dan selalu berbicara tentang produknya. Banyak orang-orang sangat membenci hal itu. Sehingga mereka akan mulai mengabaikan segala sesuatu yang anda katakan.Jangan paksa mereka selalu mendiskusikan tentang produk anda.
3. Mengabaikan Pengikut
Ke egoisan anda menjadi salah satu kesalahan besar terhambatnya laju perusahaan anda. Melakukan/ terlibat langsung dalam sebuah diskusi yang baik tentu membuat mereka mengikuti anda. Tapi bila sebaiknya, anda mengabaikannya, mereka akan meninggalkan anda. Karena mereka tidak terikat kontrak apapun dengan perusahaan anda. Jika anda tidak memberikan perhatian khusus pada mereka (fans/pengikut) dan tidak menawarkan sesuatu yang menarik atau nilai, mereka akan meninggalkan anda tanpa berpikir dua kali.
4. Anda Tidak Menyenangkan
Pelanggan bisa dikatakan sebagai aset dari sebuah usaha.Apa yang membuat anda menjadi menyenangkan? Setidaknya sebelum bertindak jangan berpikir bahwa anda tidak mampu membuat pelanggan menyukai bisnismu. Jangan cepat berpikir mereka akan tertawa. Saya pikir, melakukan sesuatu yang menyenangkan, membuat kesalahan dan meminta bagi mereka adalah jawaban dari hal itu.Namanya juga berosial, iya jika yang anda katakan suatu kesalahan maka minta maaflah dan berjanji tidak mengulanginya kembali.
5. Gagal Memberikan Hasil (Nilai)
Dalam interaksi satu sama lain atau dalam sebuah komunitas kita sebagai pebisnis diharapkan dapat memberikan sesuatu yang bernilai dalam sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan "brand" anda. Jika anda tidak mampu menawarkan sesuatu yang lebih besar untuk penggemar dan pengikut, mereka akan pergi ke tempat lain yang dapat melakukannya. Ingat, ketatnya persaingan membuat pelanggan bebas memilih mana yang membuatnya jatuh cinta pada satu produk/ jasa yang ditawarkan. Mungkin menawarkan diskon, hadiah, membuat kontes atau lainnya mungkin itu paling sederhana dan paling efektif yang dapat anda lakukan.
6.Memiliki Produk yang Buruk
Inti dari ke enam alasan ini. Inilah yang paling-paling sangat penting. Tidak ada yang bisa menyelamatkan anda jika memiliki produk yang buruk dan jelek. sebagus apa pun anda promosi, tentunya target yang diharapkan akan jauh. Pastikan bahwa anda telah membangun produk yang baik, produk yang layak , yang benar-benar "ingin orang" untuk menggunakannya.
Baca Juga :
Sejak blog, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi sangat populer, banyak perusahaan telah beralih menggunakan alat tersebut. Mereka mulai menjajakan produk mereka ke pengguna disana, tetapi tidak banyak yang sukses.
Ada banyak alasan mengapa hal itu terjadi.Berikut adalah kesalahan yang paling umum mengapa pebisnis gagal promosi atau berjualan di jejaring sosial.
Ada banyak alasan mengapa hal itu terjadi.Berikut adalah kesalahan yang paling umum mengapa pebisnis gagal promosi atau berjualan di jejaring sosial.
1. Tidak Memahami bagian "Sosial"
Sosial adalah bagian paling penting dari media sosial. Artinya ada hubungan dengan banyak orang. Orang berkomunikasi satu sama lain, berbagi cerita, saran, pendapat, tips, trik, tutorial dan lain. Jadi bila anda adalah orang yang memiliki satu akun dari antara jejaring sosial tersebut tapi tidak melakukan interaksi dengan orang lain, tidak ikut diskusi dalam sebuah kelompok. Maka yakinlah tidak ada yang akan mengenal anda, jadi mereka pun tidak akan mau mendengar apa yang anda katakan tentang dri anda dan produk anda. Selan itu jangan katakan anda adalah orang yang tahu tentang "Social Networking"
2. Hanya Bicara Produk Anda
Poin kedua ini berhubungan dengan yang pertama. Kata "sosial" sangat penting. Sebagian besar perusahaan gagal dalam hal ini. Ketika pebisnis mulai menjajal media sosial, mereka tidak melihat sekitar , mereka menjadi egois dan selalu berbicara tentang produknya. Banyak orang-orang sangat membenci hal itu. Sehingga mereka akan mulai mengabaikan segala sesuatu yang anda katakan.Jangan paksa mereka selalu mendiskusikan tentang produk anda.
3. Mengabaikan Pengikut
Ke egoisan anda menjadi salah satu kesalahan besar terhambatnya laju perusahaan anda. Melakukan/ terlibat langsung dalam sebuah diskusi yang baik tentu membuat mereka mengikuti anda. Tapi bila sebaiknya, anda mengabaikannya, mereka akan meninggalkan anda. Karena mereka tidak terikat kontrak apapun dengan perusahaan anda. Jika anda tidak memberikan perhatian khusus pada mereka (fans/pengikut) dan tidak menawarkan sesuatu yang menarik atau nilai, mereka akan meninggalkan anda tanpa berpikir dua kali.
4. Anda Tidak Menyenangkan
Pelanggan bisa dikatakan sebagai aset dari sebuah usaha.Apa yang membuat anda menjadi menyenangkan? Setidaknya sebelum bertindak jangan berpikir bahwa anda tidak mampu membuat pelanggan menyukai bisnismu. Jangan cepat berpikir mereka akan tertawa. Saya pikir, melakukan sesuatu yang menyenangkan, membuat kesalahan dan meminta bagi mereka adalah jawaban dari hal itu.Namanya juga berosial, iya jika yang anda katakan suatu kesalahan maka minta maaflah dan berjanji tidak mengulanginya kembali.
5. Gagal Memberikan Hasil (Nilai)
Dalam interaksi satu sama lain atau dalam sebuah komunitas kita sebagai pebisnis diharapkan dapat memberikan sesuatu yang bernilai dalam sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan "brand" anda. Jika anda tidak mampu menawarkan sesuatu yang lebih besar untuk penggemar dan pengikut, mereka akan pergi ke tempat lain yang dapat melakukannya. Ingat, ketatnya persaingan membuat pelanggan bebas memilih mana yang membuatnya jatuh cinta pada satu produk/ jasa yang ditawarkan. Mungkin menawarkan diskon, hadiah, membuat kontes atau lainnya mungkin itu paling sederhana dan paling efektif yang dapat anda lakukan.
6.Memiliki Produk yang Buruk
Inti dari ke enam alasan ini. Inilah yang paling-paling sangat penting. Tidak ada yang bisa menyelamatkan anda jika memiliki produk yang buruk dan jelek. sebagus apa pun anda promosi, tentunya target yang diharapkan akan jauh. Pastikan bahwa anda telah membangun produk yang baik, produk yang layak , yang benar-benar "ingin orang" untuk menggunakannya.
Baca Juga :
Yang jelas apa yang dikeluhkan oleh pelanggan harus benar-benar diperhatikan dan ditindaklanjuti secepatnya oleh perusahaan. Jangan sampai pelanggan menjadi kesal dan sampai melampiaskannnya kepada publik lewat media.
ReplyDeletebenar gan! dan itu sering terjadi. Setelah ramai di media baru layanai keluhan pelanggan
Delete